Powered By Blogger

Rabu, 21 Januari 2015

RANTEMARIO LATIMOJONG - CELEBES

PRAKATA

Pendakian ini sebagai salah satu rangkaian ekspedisi seven summit Indonesia, yang semakin lama temen2 juga semakin antusias berlomba2 untuk menyelesaikan 7 puncak di kepulauan nusantara ini. Kebetulan rute kali ini langsung dobel track binaya di kepulauan Maluku (Moluccas) dan rante Mario di pegunungan Latimojong Sulawesi Selatan (Puncak Celebes). Bagi ane, ini latimojong yang ke-2, sebelumnya februari tahun kemaren. Karena dipaksa Titto buat nemenin, akhirnya ane jadi ikut lagi ke latimojong. Kita sebut pendakian pelipur lara karena suasana yang lebih gembira daripada sebelumnya di binaya (episode 1 pendakian tobat  (www.kaskus.co.id)) dan kita rencanakan sebagai colling down setelah episode 1.

makassar dan latimojong

trek rante mario latimojong

CHAPTER 1
MAKASSAR

Minggu 27/01/2013
Selepas dari Maluku, ane & Titto langsung menuju Makassar. Temen2 yang nyusul ke Makassar ada 4 orang : Kakak Dewa (brgkt dari Jogja), Midyana (dari Solo), Niko (dari Malang) dan Maz Uuk (dari Bontang-Kaltim). Kebetulan jadwal datang hampir sama, Niko jam 9, Pundy dan Midyana jam 9.30 hampir sama dengan ane, yang agak siang Maz Uuk jam 12.15. sekalian kita tunggu, sambil ngopi di bandara. Bang Ully dan satu temen dari Mapasse juga menjemput di Bandara. Setelah semua datang, kita numpang mobil pick up yang kebetulan mau keluar, lumayan lah gratis lagi. Baru dari jalan raya naek angkot menuju jl. Perintis tempat sekret HPMM (himpunan pelajar dan mahasiswa Masserempulu), dekat UNHAS dan toko outdoor Aneka Jaya. Rencananya kita berangkat menuju Baraka jam 24, yah lumayanlah buat istirahat dulu sebelum duel lagi…

enrekang - baraka - latimojong

ketemu rombongan 2 di Hasanuddin

CHAPTER 2
MAKASSAR - BARAKA

Senin 28/01/2013
Yang berangkat total bertujuh. Berangkat dari Makassar jam 24 naek mobil avanza, yang dipaksa penuh dengan diisi penumpang 10 orang, ditambah dengan tas keril yang besar dan agak banyak. Yah jadinya tidur malem ini kurang nyaman, apalagi pak sopir ngebut dan kaca jendela dibuka cukup lebar, walhasil sampai Baraka ane masuk angin…
Sampai Baraka jam 6.30 pagi. Ongkos 60rb/orang. Kita mampir dulu di tempat saudara Bang Ully, tepat di depan pasar Baraka, lumayan lah dapat kopi gratis. Kemudian kita berbagi tugas, sebagian belanja ke pasar beli bahan, ane & Bang Ully cari mobil. Setelah cari2 ke bagian belakang pasar, akhirnya ketemu juga mobil hartop yang menuju karangan, Cuma berangkatnya masih nanti siang sekitar jam 11. Yah lumayan lah bisa nambah istirahat sebentar. Tapi rencana jadi sedikit molor, karena target hari ini adalah sampai karangan terus lanjut ke pos 1 ato klo mungkin sampai pos 2.
Mobil hartop yang akan ditumpangi ternyata masih lama, karena banyak barang yang diangkut, sampai penuh sesak, dan barang2 disini lebih berharga daripada penumpang. Jadinya para penumpang gak ada tempat yang cukup, asal bisa numpang entah posisi di kap atas ato kap depan, ato malah gelantungan di samping dan belakang. Mobil baru berangkat jam 13 dan jalannya pelan karena penuh sesak. Beberapa kali juga berhenti karena air radiatornya kering, harus ngisi dulu.
Perjalanan naek hartop dengan penumpang berada di luar jadi sensasi tersendiri, karena jalan yang belepotan lumpur jadi mobil hoyag-hayig ke kanan kiri dan penumpang juga mencelat, maz ulel juga bergelantungan hampir jatuh.
Sampai di Rante Lemo, para penumpang turun dulu, karena mobil mau lewat sungai dan tanjakan di depan terlalu curam, sehingga berbahaya kalo penumpang masih ikut. Kita jalan kaki lumayan jauh, sampai ketemu kampung lagi. Jarak Rante lemo-Karangan 3km. oya kebetulan ada barengan temen dari IPB 4 orang yang mau mengadakan penelitian di latimojong. Sampai karangan jam 17. malam ini nginep dulu di karangan.
Ongkos hartop dari Baraka sampai karangan 35rb/orang.

rumah saudara Paman Doblang di Baraka

hartop dari Baraka ke Karangan sebelum penuh

barang lebih berharga daripada yang punya barang

CHAPTER 3
LATIMOJONG

Selasa 29/01/2013
KARANGAN - POS 5

Kira baru berangkat jam 9, karena kemulekan dan repot yang tak terduga. Bareng dengan rombongan temen IPB, Cuma mereka hanya sampe pos 1. Dari Karangan jalanan masih landai, baru setelah kebun kopi naek. Ada percabangan 2 jalur disini, ke kiri jalur melewati pos 1, ke kanan tanpa melewati pos 1, katanya juga bisa ke nenemori (puncak no2). Kita lewat jalur kiri, melewati 2 sungai kecil dan tanjakan yang lumayan tinggi sebelum pos 1. Pos 1 terletak di atas bukit, sebelum masuk hutan.
Dari pos 1 jalanan lumayan naek, sekitar 10 menit masuk hutan, jalanan mulai licin. Kira2 sampe pertengahan hutan, jalanan mulai landai naek turun menuju sungai sebelum pos 2. Dari pos 1 ke pos 2 sekitar 2 km. nah kemaren di jalanan turun Niko kepeleset masuk ke jurang, hampir sampai ke sungai. Waktu agak molor karena harus nyari Niko yang jatuh. Jadinya sekalian istirahat dan makan siang. Baru jam 14 lanjut lagi.
Menuju pos 3, langsung dihajar dengan tanjakan bismillah (orang sana nyebutnya tanjakan cium lutut) karena lumayan tinggi, untungnya tidak terlalu panjang. Sekitar 1 jam sudah sampe di pos 3. Sebelum pos 3 sempat hujan, jadi jalan sedikit lambat.
Dari pos 3 ke pos 4 lumayan landai, jarak datar 600 meter. Mulai pos 3 ini biasanya ada buah kalpataru, Cuma kemaren kita cari2 gak nemu.
Sampai pos 4 sekitar jam 15.30. istirahat sebentar, terus lanjut lagi ke pos 5. Jalanan agak menanjak dibanding sebelumnya. Dan jaraknya sekitar 1km. beberapa temen yang masih fit seperti Kakak dewa & Maz Ulel lebih duluan, ane-Midyana-Niko seperti biasa jalan di belakang (biasa pendaki siput). Sampai di pos 5 jam 17, kita putuskan ngecamp disini karena sudah sore. Di pos 5 ada sumber air, Cuma jaraknya agak jauh sekitar 200 meter dan jalannya agak susah melewati beberapa pohon tumbang.

Karangan...negeri di atas awan

camp di pos 5

Rabu 30/01/2013
POS 5 - RANTEMARIO - POS 5 - POS 2

Karena kita mengejar mobil hari kamis, terpaksa summit attack dimulai dari pos 5. Kita berangkat jam 8. Jalanan langsung menanjak menuju pos 5, tapi tidak setinggi pos 2 ke pos 3. Jarak tidak terlalu jauh, sekitar 600 meter (setengah jam). Di pos 6 Cuma berhenti sebentar dan lanjut ke pos7.
Dari pos 6 ke pos 7 lumayan naek dan jaraknya sekitar 1 km. dengan vegetasi hutan lumut dan sesekali di atas punggungan, klo cerah bisa melihat pemandangan ke arah bawah. Sampai pos 7 jam 10.30.
Di pos 7 ada sumber air dari sungai kecil dan kolam tampung, lumayan bisa buat mandi. Kita Cuma berhenti sebentar disini dan langsung naek menuju puncak. Di atas pos 7 persis jalanan nanjak, baru setelah itu landai naik-turun. Meskipun musim hujan ternyata kita kurang beruntung karena di pos 8 tidak ada air di telaga. Jalanan menuju rante Mario masih agak jauh dengan beberapa bukit PHP. Karena belum sarapan, maz Uuk dan Niko sempat lemes terkapar, sehingga jalan paling belakang. Sampai puncak sekitar jam 12.
Di puncak kita sempatkan foto2 dan buat kopi, sambil makan jajan, lumayan untung melawan lapar.
Kita turun dari puncak jam 13. Perjalanan turun lebih cepat daripada naek. Sampe pos 5 jam 15.30.
Kita sempatkan masak dulu, buat sarapan. Baru berangkat lagi jam 17.15 menuju pos 2. Perjalanan lebih cepat, Cuma karena semakin gelap terpaksa harus pake senter, apalagi jalanan turun ke pos 2 yang lumayan tinggi. Klo berangkat pas siang levelnya tanjakan bismillah, tapi waktu turun apalagi pas malam levelnya bisa Astagfirullah, Niko dan Maz Uuk sempat atraksi beberapa kali. Bahkan si Midyana sampai ngesot, gak berani berdiri.
Sampai pos 2, sudah ada rombongan dari Unhas yang ngecamp disitu. Walhasil tempat buat ngecamp jadi berkurang. Kita Cuma pasang flysheet luar buat tidur bertujuh, karena tempatnya sempit dan di atas batu.

pos6....kakak dewa setroong...

dari pos 5 ke pos 6, 7,8 dan puncak

pos 7

air di pos 7

foto keluarga di Rante Mario

foto bareng kakak dewa

KAMIS 31/01/2013
POS 2 - KARANGAN - GURAH - BARAKA - MAKASSAR
Target kita harus turun ke karangan hari kamis, karena mobil Cuma ada hari itu, kalo lebih gak ada mobil lagi dan harus nunggu hari senin. Dari pos 2 sampai karangan kita jalan cepat, Cuma 1.5 jam. Sampai karangan kita ketemu dengan rombongan dari Makassar, salah satunya Errol K Lantang (putra Herman Lantang). Kebetulan ada truck engkel yang masuk, Cuma yang punya orang rante lemo,jadi kalo mau naek itungannya jadi carter dan Cuma sampe Gurah (buntu mondong), gak sampe Baraka. Dengan ongkos 500rb. Yah daripada jalan terpaksa kita naek truck tersebut.
Kita berangkat dari karangan jam 13, sampe gurah jam 15. Kita mampir ke tempat temennya Bang ully, sambil nunggu mobil yang menuju Makassar, yang berangkat malam. Ada kesempatan buat mandi dan istirahat, sebelum etape terakhir.
Mobil ke Makassar berangkat jam 19.30. seperti biasa mobil dipaksa penuh dengan 10 penumpang. Karena capek ya tetep aja bisa tidur. Mobil sempat berhenti 2 kali di warung buat makan dan ngopi.
Sampe Makassar jam 3.

nyebrang sungai dari pos 2

ketemu Errol K. Lantang... Putra Bpk Herman Lantang

rangkuman jalan

CHAPTER 4
MAKASSAR - SURABAYA

Jumat 01/02/2013
Karena tiket pulang baru hari Sabtu, kita stay dulu di Makassar semalam. Lumayan sempat jalan2 ke losari dan fort Rotterdam, dan beli jajan di daerah situ.

Sabtu 02/02/2013
Pesawat pulang jam 16.35. ada 5 orang yang bareng 1 pesawat dengan tujuan Surabaya : Ulel,Niko, Kakak dewa, Maz Uuk dan ane. Sedang Midyana naek pesawat jam 20 tujuan langsung Jakarta.
Sampai Surabaya jam 17.15 WIB, langsung ke bungur, kemudian rombongan terpisah jadi 3 tujuan :
Maz ulel dan Niko ke Malang, Kakak Dewa ke jogja, Ane dan Maz uuk ke Madiun.

ringkasan biaya :
8. kas basecamp karangan ******

lain2 :
1. belanja bahan bisa di pasar baraka,sambil cara mobil yg ke karangan
2. jadwal mobil sesuai hari pasar, hari Senin dan Kamis. di luar hari itu susah dapat mobil. temen dari IPB kemaren pulang hari Rabu jalan kaki dari Karangan sampai Gurah
3. tempat sumber air sebelum pos 1 melewati beberapa sungai kecil, pos 2 di sungai, pos 5 dari camp sekitar 200 meter & jalannya agak susah, pos 7 aliran sungai juga dan klo beruntung di pos 8 telaga