Powered By Blogger

Rabu, 21 Januari 2015

KINCAY - ANDALAS 1st ATTEMPT

Rencana ke kerinci sudah terpikir mulai dari bulan juli 2010, sepulang dari rinjani. Teman seperjuangan kala itu Denny Indra Purnama juga punya niatan serupa. Tapi mendekati hari H bulan Juni 2011 ada saja kesibukan dan keperluan lain. Akhirnya keberangkatan tertunda beberapa pekan. Sempat mendapatkan tambahan personil waktu itu, 2 orang adik tingkat saya di Bogor, Yan dan Kaboul. Tapi ternyata juga batal karena ada acara di kampusnya. Bulan Juli minggu kedua juga tak kunjung berangkat, menyebabkan si Denny “pendaki siput” juga gak jadi ikut karena tanggal 23 dia wisuda,selamat ya om…,

Akhirnya saya berangkat juga, dari Jember hari Saptu tanggal 23 Juli 2011 (hari ke-1) naek sepur logawa ke Madiun Kota Kelahiran saya, sampai Madiun sudah jam 2 siang, ya terpaksa cuma numpang lewat ndak bisa mampir rumah, karena saya berencana naek Brantas jurusan Jakarta. Sepur brantas datang tepat waktu jam 3 sore, dan langsung capcus menuju Jakarta…

Stasiun Madiun

(hari ke-2) Saya ndak sampe Jakarta, saya turun stasiun Cikampek, karena rencana mau naek bus Handoyo dari pool Pamanukan, coz bisnya ndak masuk Jakarta-langsung lewat tol jurusan merak. Datang di cikampek masih jam 3 pagi, langsung menuju Pamanukan di Rumah Makan (lupa namanya…) tempat bis handoyo istirahat. Untung waktunya masih cukup, sampe Pamanukan jam 4.30 dan bis berangkat jam 5. Bis langsung lewat tol cikampek-tol Jakarta tangerang terus merak, sampe pelabuhan jam 8.30. Kapal mulai jalan jam 09.40, dan saya sampe di Pulau Sumatra (pertama kali nih..) jam 11.40. Dari Bakauheni sampai kota yang saya tuju Bangko masih butuh 1 hari lagi.

Bis Handoyo

Kapal Jagantara

(hari ke-3) saya sampe Bangko jam 11.30, dan dijemput oleh Mas Romy (Tiger White) dan mampir di beskem KPA Cakra Masurai untuk istirahat sambil nunggu kendaraan ke sungai penuh yang baru lewat malam hari. Setelah ngobrol, diputuskan ada teman dari KPA Kompas, Edi, yang bakal nemani saya ke sungai penuh, bahkan pas naek ke kerinci. Saya berangkat lagi jam 22.30 menuju sungai penuh. Waduh jalannya gak ada yang benar, liuk kanan liuk kiri, untung saya bisa tidur..

Masjid di Sungai Penuh

beskem Masker STAIN KERINCI

(hari ke-4) saya sampai sungai penuh jam 6 pagi. Si Edi langsung menghubungi temennya dari Masker (Mapala Stain Kerinci), kami pun singgah di beskem masker. Dilema mulai terjadi disini nih, teman2 Masker menyarankan kami supaya tidak ke kerinci karena dari info di media dan tipi gunung kerinci lagi waspada dan pendakian ditutup. Dan si Edi pun berubah pikiran. Wah saya bingung juga, tapi sudah tekat mau gimana lagi..
Saya coba hubungi kenalan yang lain, mas Johan Chu, orang Kerinci juga. Mas Johan kebetulan lagi naek Marapi Sumbar. Saya disuruh singgah dulu di rumah temennya, Heru, di Kayu Aro.

(hari ke-5) saya dan Edi berangkat juga ke Kayu Aro, naek mobil angkutan desa. Si Edi tetep ikut meskipun ragu-ragu. Sampe patung macan saya menuju rumah Heru di dekat pegadaian. Kebetulan Heru lagi di kebon, yang menerima kami Mas Murdam. Kegiatan hari ini cuma bercengkrama dengan keluarga Heru sambil mengamati gunung kerinci yang tampak di depan mata. Mas Johan yang baru turun dari Marapi juga mampir sebentar di rumah Heru, mengatur rencana sebentar untuk esok hari, kemudian pulang ke sungai penuh untuk persiapan. Baru besoknya ke Kayu Aro lagi.

Rumah Heru di Kersik Tuo, Kayu Aro

Kantor Desa Kersik Tuo

Kerinci dari Kersik Tuo

(hari ke-6) mas Johan sudah sampe jam 6 pagi. Barang-barang langsung dibagi, packing lalu berangkat sekitar jam 8.30. Biar menghemat waktu, kami diantar Heru dan Murdam sampe ke pintu rimba naek motor.

tugu macan

Gerbang masuk

Kami mulai jalan dari pintu rimba jam 09.10. trek awal masih landai tapi langsung suasana hutan hujan basah mulai terasa, sepintas mirip trek raung dan slamet lewat baturaden. Sampe pos 1 jam 09.45, ndak banyak waktu isirahat, cuma-cuma foto2 bentar langsung lanjut ke pos 2 yang cukup dekat. Jalan masih landai sama seperti sebelumnya. Sampe pos 2 jam 10.05, foto2 bentar trus langsung kebut lagi ke pos 3, coz menurut cerita ni daerah pos 1 sampe pos 2 merupakan tempat bermain si “loreng sumatra”, daripada ketemu di jalan mending ngebut aja… Sampe pos 3 jam 10.30, dari sini jalanan mulai agak naek, banyak ranting-ranting kering. Sampai shelter 1 jam 11.35, shelter 1 ditandai dengan daerah yang agak luas,bisa menampung 4-5 tenda ukuran medium, dan ada juga bekas tiang bangunan yang roboh. Baru disini ni istirahat agak lama ±20 menit, maklum juga tas saya segede lemari, mulai terasa deh pundak sama kaki ni.. Jalan lagi jam 11.55, jalanan tambah naek, mulai sempit, banyak ranting-ranting. Trek dari shelter 1 ke shelter 2 meurut saya yang terpanjang, sampe shelter 2 jam 14.25 (2,5 jam). Mas Johan sudah dating duluan, kira2 hampir 30 menit. Waduh mulai pegel2 ni kaki, maklum dengkul sudah nggak racing lagi, lumayan lama juga disini, sempat dhuhuran..Nah dari sini ke atas merupakan jalur terkejam, dah keliatan dari shelter 2 jalane nanjak abis. Sudah gitu banyak “terowongan” yang memaksa saya untuk merangkak, tambah lagi jalanan sempit…untung jaraknya gak terlalu jauh. Sampe shelter III jam 16.00, mas Johan yang sudah datang duluan dah mulai bangun tenda (saya sejenis pendaki siput juga, jalane nggeremet…ha5).

Pos 1 Bangku Panjang

Pos 2

Pos 3

Shelter 1

jalan ke shleter 2

Shelter 2

jalan ke shelter 3

shleter 3

Tenda dah beres, kegiatan selanjutnya mengambil air buat memasak, tempatnya kearah kiri dari trek (arah barat) turun ke punggungan sedikit, disitu ada cerukan, meskipun kecil tapi saat diambil airnya ndak abis-abis. Turun sedikit lagi katanya malah bisa dibuat mandi…

Sumber air

masak memasak

view di shelter 3

(hari ke-7) Kami bangun jam 3, langsung masak buat makan pagi, sebentar kemudian ada 2 orang yang lewat, dari Bengkulu. Sama Mas Johan disarankan untuk bareng aja, karena klo langsung naek bisa2 sampe atas kepagian. Akhirnya mereka mampir dulu di tenda kami, makan bareng, dan kita berangkat jam 04.50. Wah angin mulai sepoi2 ni, Mas Johan sudah jauh di depan, saya tetap jadi sweeper aja (kayak biasa..he3). Jalanan berupa batu campur dengan pasir, hampir sama dengan gunung2 berapi lain. Sampai tugu yudha jam 6, mereka bertiga lanjut naek, saya leha2 dulu lah, nafas ngos2an & idung mbeler, ternyata suhu sudah 7ºC. Saya baru sampe puncak jam 06.15.

suhu di puncak

kawah kerinci, ada apinya

danau gunung tujuh

duet dengan mas Johan, kuncen Kerinci

background kawah kerinci

1 Jam di puncak, kita turun jam 07.15, Mas Johan nyari jalan advance ni, gile aje lewat tebing…saya merinding juga…

tebing kerinci

shelter 3

Sampe shelter 3 sudah jam 09, saya beres2, Mas Johan pergi ke tebing sebelah buat ngambil beberapa tanaman. Kita baru berangkat turun jam 12.05.

Sampe shelter 2 jam 12.35, turunnya lagnsung kebut terus, sampe shelter 1 jam 13.45, sampe pos 3 jam 14.20 baru disini istirahat, ±15 menit. Sampe pos 2 jam 14.55, lanjut ke pos 1, sampe jam 15.10. Disini kita ketemu orang Bengkulu tadi (ngekemnya di shelter 2, jadi turun duluan). Badan+kaki mulai pegel2, jadinya istirahat lagi ±15 menit. Dan sampe di pintu rimba jam 15.40. pas tenaga mulai abis, untungnya sudah dijemput sama Heru dan Murdam..
Sampe rumah Heru, mandi terus istirahat, menikmati malam di Kersik Tuo, Kayu Aro..

(hari ke-8) kegiatan hari ini cuma santé2, mumpung hari pasar sempat jalan2 juga ke pasar, sepintas ndak jauh beda sama pasar2 di Jawa.

(hari ke-9) hari ini lanjut ke Danau Gunung Tujuh, kebetulan yang ikut banyak : Murdam, Heru, Mas Johan, Ridho (adeknya Heru) dan temennya 1 lagi (lupa namanya..). Kita naek mobil pikep punya Heru. Berangkat dari rumah jam 09, lewat pelompek, dan sampe di pos jam 09.30. Setelah daftar (dan tentunya mbayar..), kita mulai jalan jam 12. Awal trek masih landai, lewat kebon kentang. Abis itu masuk hutan, sama kayak di kerinci hutan hujan basah, tapi untungya banyak akar buat pijakan. Jalan nanjak terus, sampe puncak, baru kemudian turun ke danau. Sampe danau jam 12. Temen2 mulai copot baju dan mandi, saya ndak berani, dingin….

naek pikepnya heru

pintu gerbang

kebon kentang

trek ke danau

mandi di danau

danau gunung tujuh

Selesai semua jam 14, kita jalan balik. Sampe pos lagi jam15.45. Sore itu juga saya beres2, rencana langsung ke sungai penuh, bareng Mas Johan. Sebelum magrib kita berangkat. Saya diajak mampir ke rumah Abangnya mas Johan di Siulak Deras dan nginep situ…

(hari ke-10) ini puasa hari pertama. Beli oleh2 dodol kentang di Karya Mandiri (punya Mas Johan) di Lubuk Nagodang, terus ke tempat Ryan (adek kelas kuliah di Jember). Berangkat lagi habis buka jam 19, naek travel ke Jambi.

juragan dodol kentang

(hari ke-11) puasa hari ke-2, ketemu Pepu (teman SMP pas di Madiun) di Nusa Indah Mayang. Trus jam 12 berangkat ke Dendang, Tanjung Jabung Timur, ke rumah saudara

masjid seribu tiang Jambi

Unej akreditasi A

(hari ke-12 sampe hari ke-13) off the record, balik lagi ke Jambi. Berangkat naek bis pulang ke Jawa jam 14.30, naek Putra Remaja.

bus putra remaja jurusan Jambi-Solo

(hari ke-14) sampe kebon jeruk jam 16.30, dijemput Kautsar (teman mulai TK-SD-SMP-SMA) di pintu tol tomang. Singgah 1 malam di kontrakan Kautsar.

Kautsar dan nyonyah

(hari ke-15) pagi ke kp.rambutan, mau ke cibinong, ke tempat saudara
(hari ke-16 sampe hari ke-17) off the record, pulang ke Madiun, naek Bogor Indah