Powered By Blogger

Selasa, 10 September 2013

Gunung WILIS Puncak Liman via Kare - Madiun

SINOPSIS

Gunung wilis merupakan pegunungan yang terdiri dari beberapa puncak. Puncak tertinggi yaitu puncak Liman dengan ketinggian 2563 mdpl. Tidak banyak info mengenai gunung ini, karena selain tidak terlalu tinggi, akses ke gunung juga sulit sehingga pendaki tidak terlalu banyak kesana. Gunung ini bisa dijangkau dari 5 kota : Madiun, Nganjuk, Kediri, Tulungagung dan Ponorogo. Masing2 mempunyai jalur dan puncak sendiri. Dan Puncak Ngliman katanya merupakan pertemuan dari 5 jalur tersebut.
Akses dari kota nganjuk ada 2 yakni melalui Desa Bajulan dan lewat sedudo. Kedua jalur ini melewati punggungan yang berbeda. Jalur Bajulan berada di sebelah timur gunung, melewati air terjuan Roro Kuning. Tempat camp yang terkenal yaitu sekartaji, kira2 separuh perjalanan antara roro kuning dan puncak dan di sekartaji terdapat sumber air. Untuk jalur ini, puncaknya diberi nama puncak limas. Sedangkan untuk jalur sedudo, berada di sisi utara gunung, dengan tujuan puncaknya Puncak Ngliman. Jalur ini jarang yang melewati karena katanya sudah banyak yang tertutup semak dan pohon tumbang.
Akses dari kota Kediri melalui kecamatan Mojo. Jalur ini bersebelahan dengan jalur Rorokuning,berada di timur gunung. Karena berada di punggungan yang bersebalahan dengan jalur rorokuning, dari jalur Mojo bisa melihat ke bawah hamparan kota Nganjuk terutama waktu malam hari, dan sebaliknya dari jalur Bajulan bisa melihat hamparan kota Kediri.
Akses dari kota Tulungagung melalui Kecamatan Sendang. Jalur ini berada di sisi tenggara dari gunung.  Jalur ini katanya merupakan favorit dari pendaki karena jalurnya yang menantang melewati kebun teh, situs purbakala candi penampihan, air terjun penampihan  dan banyak terdapat pacet. Tempat camp watu godek`berada di separuh perjalanan. Puncaknya diberi nama puncak wilis.
Akses dari kota Ponorogo tidak ada informasi yang jelas karena hanya jalur penduduk setempat, di daerah kecamatan Pudak.
Akses dari kota Madiun melewati Desa Kare, berada di sebelah barat gunung,dengan puncaknya Puncak Ngliman. Jalur ini bertemu dengan jalur Sedudo di dekat watu garuda.

VIA KARE MADIUN
Akses dari kota Madiun melalui Desa Kare Kecamatan Kare, berada di timur kota Madiun. transportasi menuju Kare lebih nyaman pake kendaraan sendiri karena gak ada angkutan yang kesana, adanya naek taksi dari kota Madiun sampe Kare, terus dilanjut dengan ojek menuju kampung terakhir Pulosari, ato orang lokal menyebutnya Selayar.
untuk perijinan, setelah melewati Desa Kare, sampe pos Kempo di perkebunan kopi Kandangan, ijin diurus disitu ke kepala piket perhutani bagian kandangan. Untuk orang lokal tidak terlalu susah, hanya sekedar menulis di buku tamu. kemudian dari pos kempo menuju Pulosari bisa melalui Dusun Grenjeng lewat dekat vila kandangan ato memutar melalui jalan makadam.
sampe di Pulosari (1250 mdpl), kendaraan dititipkan di rumah penduduk, ato di rumah petugas jaga perkebunan. dari situ mulai treking. sumber air hanya terdapat disini, sepanjang jalur menuju gunung wilis tidak menemui sumber air lagi.
perjalanan hari pertama sampe watu garuda (2200 mdpl), dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Tempat camp bisa diisi 2-3 dome ukuran 4P. Hari kedua baru dilanjutkan menuju Puncak pertama, kami sebut puncak batas karena disitu ada patok batas Madiun-Nganjuk. sekitar 200 meter setelah puncak batas terdapat jalur cabang ke kiri, klo di cek di gps dan peta posisinya berada di atas sedudo, kemungkinan jalan tersebut menuju ke Sedudo, karena jalan setapak dari percabangan tersebut sangat jelas sampai ke puncak berikutnya, dibandingkan dengan jalur dari Pulosari menuju ke watu garuda & puncak batas.
setelah percabangan, kemudian melewati bukit kecil (puncak bayangan), trek berada di atas punggungan dengan kanan-kiri jurang, naik turun bukit. ada beberapa percabangan kecil dan gak jelas ke arah kiri. sebelum tanjakan puncak ke2, ada patok batas Nganjuk-Ponorogo, dan melewati barak kecil dengan patok seperti kuburan lengkap dengan dupa. sepertinya tempat tersebut jadi tempat orang mencari wangsit, karena gunung wilis terkenal gunung yang mistis tempat orang mencari pesugihan ato wangsit.
sekitar 200 meter dari camp tersebut barulah Puncak ke-2 ditandai dengan lubang selebar 1 meter dengan kedalaman setengah meter dan dikelilingi patok kayu
untuk episode 1 hanya sampe puncak 2, puncak 3 dan 4 berlanjut di EPISODE 2

5. Yosa

Hari pertama Kamis 15-11-2012
Madiun - Kare - Pulosari - Watu Garuda

trek awal berupa perkebunan warga, sekitar 1 jam, sampe bekas hutan terbakar, mulai disini jalur tidak jelas, pokoknya cari jalan yang bisa dilewati menuju ke bukit atasnya

bekas hutan terbakar

trek berikutnya,setelah sampe atas bukit berupa rumput ilalang yang tinggi, jalur setapak cukup jelas, sampe di pintu hutan

di pintu hutan ada gubuk kecil

selepas hutan, ketemu lagi ilalang yang cukup tinggi, jalur setapak tertutup rumput2 yang tumbang, seperti sebelumnya cari jalan yang bisa dilewati sampe menuju bukit di atasnya

trek naek terus melewati punggungan, melewati watu tulis, baru sampe watu garuda

camp tepat di atas watu garuda

Hari Kedua Jumat 16-11-2012
Watu Garuda - Puncak Batas - Puncak 2

dari watu garuda menuju puncak batas jalanan naik dengan kanan-kiri jurang
view dari jalur menuju puncak batas, tempat camp watu garuda

Puncak Batas,patok batas Madiun - Nganjuk

nemu ini, lengkap dengan tulang-belulang berceceran di sekitar situ

view dari puncak batas, terlihat puncak 3 dan puncak 4

Pupun lagi tilpun di bukit setelah puncak batas (puncak bayangan)

di puncak bayangan,cuma berdua aja yang naek ke puncak, 3 orang di tenda

Jurang, di bawah puncak

jalur menuju puncak 2

melewati patok batas Nganjuk - Ponorogo

barak kecil, dengan kuburan di depannya

di depan barak

puncak 2

puncak 2, ada lubang dikelilingi kayu

untuk episode 1 ini cuma sampe puncak 2, belum berani lanjut ke puncak 3 dan 4

Jalan balik Puncak - Watu Garuda
jalur, di atas punggungan

dari puncak menuju puncak batas, percabangan perkiraan ke arah sedudo, jalur ke arah kare di palang kayu

puncak batas, tempat nemu tengkorak

Hari Ketiga Sabtu 17-11-2012
Watu Garuda - Pulosari - Kare -Madiun

gunung di sebelah timur, perkiraan Gunung lImas (dari arah Bajulan) & samar2 gunung arjuna - welirang

foto keluarga (team 1)

foto lain di camp watu garuda
pagi di watu garuda

f4 meteor garden, belakangnya puncak batas

1. Cukup menarik .. kapankapan bisa dcoba ... trims atas chapternya ...

Balasan
    1. keren mas.. aku juga pingin...

Hapus
    2. Assalamualaikum wrb,salam persaudaraan,perkenalkan nama saya Dewi Zulianty asal dari Sukabumi niat saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman2 yang sedang dalam kesusahan,dulu saya seorang yang sangat sukses usaha saya dimana2 bahkan saya berfikir uang yang saya punya bisa dipakai tujuh turunan,kesuksesan saya membuat saya lupa segalanya,bahkan saya tidak pernah shalat sekalipun,cobaan datang menghampiri saya akhirnya saya bangkrut dan gulung tikar,himpitan ekonomi memaksa asya jadi pemulung,saya punya tiga orang anak dan semuanya masih kecil,saya sempat stres dan hampir bunuh diri tapi setiap saya menatap wajah anak saya semua semangat saya datang,saya sudah taubat dan shalat lima waktu tidak saya tinggalkan,tanpa sengaja saya didatangi seseorang dan memperkenalkan saya dengan Aki Tirem,saya coba telpon Aki dan alhamdulillah saya tersambung dengan beliau tapi pada awalnya saya ragu ikut saran Aki tapi saya punya niat lepas dari masalah saya dan saya punya niat menyekolahkan anak saya sampai selesai akhirnya saya ikut saran Aki walaupun keterbatasan dana yang saya punya,dan alhamdulillah saya sujut syukur dan mengeluarkan air mata ketika melihat hasil dari apa yang aki berikan pada saya,sekarang saya kembali sukses dan punya beberapa toko bangunan di daerah sukabumi,terimah kasih Aki Tirem berkat aki saya bisa seperti ini,khusus untuk teman2 yang percaya dengan pengalaman saya dan punya masalah apapun silahkan hub langsung Aki Tirem di nomor 0853 4359 0187 insya allah akan dibantu dan jangan takut beliau membantu tidak melenceng dari ajaran agama,sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada pemuat web ini karna berkat ini saya bisa berbagi pengalaman saya,ini pengalaman nyata saya demi Allah tampa karangan apapun,sekian dan terima kasih Assalamualaikum Wrb.

3. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar...

2. ada keterangan g lobang apa itu yg di pagar kayu

3. Mas, boleh minta kontaknya, mau tanya info2 jalur ngliman

4. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

5. Mohon maaf mau nanya, apakah di watu garuda memang ada situs watu garuda atau prasasti atau batu mirip garuda?
    Mohon pencerahan...
    Trima

6. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar...

7. Aslamualaikum wr wb. Bismillahirrahamaninrahim, senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung hutang ke pelanggan saya totalnya 700jt dan di bank totalnya 800jt, saya stres dan hampir bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH.Ageng Raden Kusuma hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KH.Ageng Raden Kusuma, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah, akhirnya 5M yang saya minta benar-benar ada di tangan saya, semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, jika ingin seperti saya, saya menyarankan untuk menghubungi KH.Ageng Raden Kusuma di ((085-219-106-237))
    Situsnya http://kyai-agengradenkusuma.blogspot.co.id/

8. MAU PERCAYA APA ENGGAK TERSERAH, ANE GAK MAKSA !!!!!!!
    ANE SEKEDAR NGASIH TAU NIH BUAT KALIAN YANG SERIUS AJA DARIPADA KALIAN NGELAKUIN RITUAL SANA SINI TERUS GA ADA HASIL MALAH NAMBAHIN UTANG DOANG ,
    BUAT KALIAN YANG SERIUS INGIN MELAKSANAKAN TLP : 089-605-913-913

ANE KASIH TAU SYARAT NYA :
    *BUAT JALUR PUTIH : HASIL KALIAN NANTI TERGANTUNG MAHAR YANG KALIAN KASIH, TERUS KALO EMANG GAK HASIL APAPUN, DUIT MAHAR KALIAN DI BALIKIN.
    (PELAKSANAAN BISA JARAK JAUH).
    *BUAT JALUR NUMBALIN MAU ITU ” JU,JM,JK,JJ,NJ ” : MAHAR DAN CARA PELAKSANAAN DI JELASKAN NANTI.(YANG HAJAT WAJIB DATANG).

ANE INFOKAN INI BUAT YANG SERIUS AJA .

9. Mas admin, kalo lewat pos perkebunan kandangan apakah bayar ? Soalnya dulu sy mau ndaki dilarang petugasnya..alesannya itu area perusahaan,bukan perhutani

10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

11. Permisi suhu mungkin ada informasi tentang estimasi waktu dan barang bawaan untuk treking wilis via kare ..terimakasih